Profile Museum TBSC

icon_long

Museum TB Silalahi Center

Terletak di Jalan Pagar Batu No. 88 Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir. Kurang lebih 250 KM dari Medan sebagai ibu kota provinsi Sumatera Utara. Didirikan pada tanggal  7 Agustus 2006 dan diresmikan pada tanggal  17 April 2008 oleh Letjen (Purn). Dr. TB Silalahi. SH. TB Silalahi Center  merupakan  organisasi non profit  yang memiliki tujuan utama pemeliharaan, pengembangan sertapenelitian kebudayaan Batak melalui Museum dan atraksi Budaya Batak. Yayasan ini juga bergerak dalam bidangpendidikan , Sosial dan pertanian.

Komplek TB Silalahi Center sendiri terdiri dari beberapa bangunan utama yaitu gedung induk yang didalamnya terdapatConvention Hall, Museum Pribadi TB Silalahi dan kantor. Bangunan lainnya adalah Rumah Bolon, yaitu rumah adat Batakdalam skala besar, Huta Batak yang terdiri dari beberapa rumah adat tradisional suku batak yang sudah berusia ratusantahun dan dihalamnya terdapat Patung Sigale-gale.

Terdapat juga gedung yang begitu megah di kompleks ini yaitu Museum Batak, museum ini berisi koleksi benda-benda sejarah dari enam subetnis batak diantaranya Batak Toba, Simalungun, Karo, Mandailing, Angkola, dan Pakpak. dikomplek TB Silalahi Center juga terdapat Gallery dan Artshop yang menjual souvenir khas batak seperti ukir-ukiran, kain tenun “Ulos”, dll. Dan didalam kompleks terdapat juga Cafetaria dan Sky Restorant untuk pengunjung yang ingin menikmati kuliner tradisional dan modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>