Museum Batak TB Silalahi, Museum Swasta Terbaik Nasional 2014

1410095418 (1)

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryati menyerahkan penghargaan kepada TB Silalahi, Ketua Pembina Museum Batak TBS Center yg didampingi Kepala Museum Batak, Duma Yanti Silalahi, M.Hum. (sumber: Suara Pembaruan/Arnold Sianturi)

Balige, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman menetapkan Museum Batak TB Silalahi Center Balige menjadi salah satu museum terbaik Indonesia 2014.

Museum yang digagas dan didirikan oleh TB Silalahi ini memperoleh predikat sebagai museum terbaik nasional 2014 untuk kategori museum swasta. Berdasarkan siaran pers yang diterima SP dari TB Silalahi Center, Minggu (7/9), menyebutkan Museum Batak TB Silalahi Center dianugerahi piagam penghargaan, piala dan dana pembinaan dari pemerintah.Piagam penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryati dalam acara Malam Anugerah Pelestari Cagar Budaya dan Permuseuman di Museum Nasional, Jakarta, Jumat (5/9).Selain kategori museum swasta terbaik, pemerintah juga mengumumkan museum terbaik untuk kategori museum provinsi terbaik, museum kota terbaik dan museum lembaga/kementerian/BUMN terbaik.

Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryati dalam sambutannya mengatakan, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada semua pihak yang berjasa dalam melestarikan cagar budaya dan mengembangkan permuseuman di Indonesia.

“Kegiatan penganugerahan Pelestari Cagar Budaya dan Permuseuman ini diharapkan dapat mendorong kesadaran berbagai pihak untuk lebih terlibat dalam melestarikan cagar budaya dan permuseuman,” ujar Wiendu. “Dimasa mendatang pemerintah akan lebih melibatkan peran serta masyarakat dalam pengelolaan dan pemanfaatannya.”

Secara khusus Wiendu memberikan apresiasi kepada Museum Batak TB Silalahi Center. Menurut dia, museum tersebut sangat pantas memperoleh predikat sebagai museum swasta terbaik. Sebab, selain memiliki koleksi yang bernilai seni dan sejarah tinggi juga dikelola dengan sangat profesional.

TB Silalahi, tokoh yang menggagas, mendirikan dan membiayai museum tersebut, mengemukakan sangat terkesan dengan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah. Menurut dia, penghargaan ini sekaligus sebagai bentuk pengakuan bahwa seni dan budaya Batak bernilai sangat tinggi. “Penghargaan ini semakin menegaskan bahwa seni dan budaya Batak tidak kalah dari budaya daerah lain di Indonesia,” ujarnya.

 

 http://www.beritasatu.com/nasional/208184-museum-batak-tb-silalahi-museum-swasta-terbaik-nasional-2014.html

Foto dokumentasi Penganugerahan  “Museum Swasta Terbaik 2014”

[Best_Wordpress_Gallery id=”3″ gal_title=”Foto dokumentasi Penganugerahan Museum Swasta Terbaik 2014″”]

Tagged with: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*